Kamis, 05 Januari 2012

IT-GLOBAL SISTEM

PENGERTIAN IT

Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan. 
Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.


PERANAN IT

Peran yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan informasi untuk kehidupan atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu, negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor lainnya yang dapat menghambat bertukar pikiran.
Dan Peranan Teknologi Informasi, berupa :
 
* TI dalam Dunia Perbankan
Contoh: ATM, e-Banking, m-Banking, dll
 
* TI dalam Dunia Medis
Contoh: SI Rumah Sakit, CT scan (Computer Tomography), dll
 * TI untuk Perdagangan Elektronis
Contoh: e-Commerce
 
* TI untuk Perancangan Produk
Contoh: CATIA(Computer-Aided Three Dimensional Interactive Application) buatan Dassault Systems, untuk merancang mobil atau pesawat, Foran untuk membuat kapal.

Dan Berikut adalah dua bidang yang menggunakan IT-global , yaitu :

Dalam Bidang Pemerintahan (e-government)
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh pemerintahan, seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world wide web.
Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).

E-Bussines
Secara umum, e-business dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan teknologi elektronik atau sistem informasi komputer. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Ada 4 model pokok yang berkembang dalam revolusi internet ini yang juga dinamakan the New Economy, yaitu :
1. Business-to-Business (B2B)
Adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada perusahaan lain.
2. Business-to-Cunsumer (B2C)
Ini adalah model perusahaan yang menjual barang atau jasa pada pasar atau publik.
Contoh misalnya Amazon.com Inc. (www.amazon.com)
3. Consumer-to-Consumer (C2C)
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perorangan juga.
Contoh adalah eBay Inc (www.ebay.com), perusahaan yang menyelenggarakan lelang melalui internet.
4. Consumer-to-Business (C2B)
Ini adalah model perorangan yang menjual barang atau jasa kepada perusahaan.
Contoh ialah Priceline (www.priceline.com), dimana konsumen menawarkan harga tertentu dimana ia menginginkan membeli berbagai barang dan jasa.

KEUNTUNGAN IT/TI

Globalisasi – TI tidak hanya membawa dunia lebih dekat bersama-sama, tetapi telah memungkinkan ekonomi dunia menjadi sistem saling tunggal.
Komunikasi – Dengan bantuan teknologi informasi, komunikasi juga menjadi lebih murah, cepat, dan lebih efisien.
Efektivitas biaya – Informasi teknologi telah membantu untuk komputerisasi proses bisnis sehingga perampingan usaha untuk membuat mereka sangat biaya membuat mesin uang yang efektif.

KERUGIAN IT/TI

Banyaknya Pengangguran
Kurangnya Privasi
Kurangnya keamanan kerja

KESIMPULAN
 
Bahwa IT-Global sangatlah diperlukan oleh seluruh manusia untuk mempermudah segala aktifitas yang akan dikerjakannya. Dan meskipun ada banyak keuntungan dari TI tapi diantara keuntungan tersebut ada kerugian dibalik keuntungan tersebut. Dan kerugian dapat diminimalisir oleh individu sendiri.
 

0 komentar:

Posting Komentar